Selasa, 10 Disember 2013

OMEGA UNTUK KANAK-KANAK

Manfaat Omega 3 Untuk Bayi dan Anak

Omega 3 bermanfaat untuk perkembangan otak bayi dan anak


Mengapa Omega 3 bermanfaat bagi pertumbuhan bayi dan anak? Apa saja manfaat Omega 3? Bagi ibu hamil, Bilakah saat paling penting untuk mendapatkan Omega 3? 
Omega 3 bermanfaat  bagi bayi dan anak, kerana mengandung lemak DHA. Pada tubuh kita, DHA paling banyak ditemui pada otak dan mata. Maka tidak hairan bila penelitian telah membuktikan bahawa manfaat Omega 3 yang terbesar adalah untuk perkembangan otak dan mata bayi.
Seiring dengan perkembangan waktu, penelitian lebih lanjut membuktikan beberapa manfaat Omega 3 lainnya. Ibu yang kadar DHA pada darahnya tinggi, memiliki anak yang lebih baik dalam kemampuan inderawi, kognitif dan gerak motorik. Hal ini disampaikan pada Journal Of Pediatric, dan penelitiannya dilakukan oleh Laval University, Quebec. Bayi dengan Omega 3 yang cukup, memiliki kemajuan sekitar 2 bulan lebih awal dibandingkan bayi yang kurang Omega 3. Mereka lebih baik dalam test kepekaan yang dilakukan pada usia 6 bulan, serta memiliki kemampuan belajar visual yang lebih baik ketika berusia 1-2 tahun.
Manfaat Omega 3 lainnya
Dr. Bruce Holub, University of Guelph, memaparkan beberapa manfaat Omega 3 lainnya, iaitu :
  • Mengurangi resiko kelahiran prematur
  • Meningkatkan kemampuan anak dalam belajar membaca
  • Mengurangi resiko penyakit jantung di kemudian hari
Penelitian lain juga membuktikan ibu yang mengambil cukup Omega 3 berisiko lebih rendah terkena postpartum syndrome, iaitu fluktuasi perubahan mood yang terjadi setelah melahirkan. Mereka juga akan lebih cepat pulih setelah melahirkan.

Tiada ulasan: